Kamis, 05 Maret 2009

Gua Kristal di Meksiko

Rumah superman (Fortress of Solitude) ternyata tidak hanya ada di film-film saja. Gua yang berisi bongkahan kristal kristal raksasa merupakan keajaiban alam yang sangat langka. Para ilmuwan menyebutnya Cueva de Los Cristales (berarti gua kristal) yang ditemukan di Meksiko


Di dalam gua tersebut terdapat kristal-kristal alami yang bening masing-masing dengan panjang mencapai 11 meter dan seberat hingga 55 ton. Gua unik yang terbentuk pada kedalaman 300 meter di perut Gunung Naica, kawasan Gurun Chihuahua ditemukan tanpa sengaja oleh dua orang penambang yang tengah menyiapkan saluran air untuk Industrias Peñoles pada tahun 2000.Awalnya gua ini ditemuin ama penambang pada pertengahan 2007 lalu, sejak itu gua ini tertutup untuk pihak luar termasuk Tim National Geograpic.


Penyebab Terjadinya
ket: Juan Manuel Garcia-Ruiz

Aktivitas vulkanik yang terjadi sekitar 26 juta tahun lalu menyebabkan kawasan tersebut kaya mineral anhidrit atau senyawa kalsium sulfat (CaSO4) bersuhu tinggi. Mineral anhidrit stabil pada suhu di atas 58 derajat Celcius .

Saat magma di bawah gunung mulai mendingin dan temperatur turun, anhidrit mulunak dan berubah menjadi gips atau CaSO4.2H2O dalam volume besar. Selama jutaan tahun, molekul-molekul yang mengendap akan membentuk kristal-kristal gips selenit.

Mengingat ukurannya yang sangat besar, diduga perubahan temperatur yang mengubah senyawa anhidrit menjadi gips berlangsung dalam waktu ratusan ribu tahun. Sedangkan di permukaan gua, kristal-kristal yang terbentuk lebih kecil karena transisi suhu yang lebih cepat.Akibat proses alam selama jutaan tahun, terbentuklah gua kristal di gurun Meksiko tersebut. Meski bentuk pilar-pilar kristal di dalam gua itu menyerupai bongkahan es, temperatur di dalamnya sama sekali tidak dingin. Bahkan, sebaliknya di dalam gua suhunya mencapai 44 deraqjat C.

Cueva de Los Cristales berbentuk rongga seperti tapal kuda yang dindingnya setinggi 10 meter dan seluas stadion basket. Lantainya juga dipenuhi blok-blok kristal bersegi banyak. Balok kristal raksasa terbentuk dari dasar maupun dinding gua. Untuk menikmati gua kristal yang berada dekat kawasan tambang seng, timbal, dan perak, para penambang harus menyedot seluruh air di dalamnya.



Mengingat nilai kristal yang mahal sekarang gua tersebut telah ditutup dengan pintu baja, plus pengamanan yang ketat.

sumber:

kompas rileks.com


0 comment:

Posting Komentar