Minggu, 08 Maret 2009

Pagi Hari Ini

Cerah banget pagi hari ini...walo agak telat bangunnya coz semalem lembur...
Seperti biasa ngga lengkap rasanya klo ngga bikin kopi..& kopi ngga lengkap anpa rokok.
Duduk di depan rumah ngopi sambil ngrokok..kebiasaan yang menyenangkan..hehehe
Orang-orang berjualan untuk mencari nafkah, mencari makan untuk keluaga mereka
Mengagumkan teriakan diantara merekan ngga ada yang sama, sambil berharap ada yang beli jualan mereka..

Klo udah siang dikit biasanya gantian banyak orang ngamen & minta sumbangan.
jadi ingat..waktu itu gw pulang kuliah lihat seorang ibu-ibu tua mengobrak abrik tempat sampah di sekitar kompleks..beberapa meter darinya telihat seorang ibu2 menggendong anaknya sambil membawa gelas plastik bekas sambil berdiri di depan rumah...pemandangan yang kontras sekali.

Kemaren ada anak minta sumbangan di depan rumah...masih ngantuk banget cz abis bangun tidur. Males keluar...tapi ni anak tabah juga..kira2 hampir 5 menitan di depan rumah sambbil teriak "bang sedekah bang" terus berulang2...akhirnya bangun juga gw dari tidur, ambil uang dan.....
makin hari makin tabah aja mereka nungguin di depan rumah...kasian juga sih, anak berusia 4-8 tahunan bermain sambil minta2. klo disini sudah biasa liat pemandangan sepeti itu, berbeda waktu pas di desa...Ada anak minta2 sama saja malu2in orang tua, disangka orang tuanya ngga sanggup nafkahin keluarga. Benarkah ngga ada cara lain selain minta2?

Jakarta...orang2 sudah tak merasa aneh lagi melihat banyak anak2 ngamen di jalanan atau jualan bahkan minta2. paling cuman melihat sepintas lalu hilang begitu saja dari ingtan mereka. Masih ada harapan...itulah yang ingin saya katakan klo bisa...beruntung masih ada orang ang peduli sama mereka..bangun rumah singgah.

Apa ada yang salah disini?? ngga ada
apa pemerintah yang harus disalahkan karena tidak bisa menjamin kemakmuran rakyatnya?
Apa penguasa lebih mementingkan kepentingan mereka pribadi? gw harap ngga, paling tidak masih ada orang yang berani menjunjung keadilan..
Liat kampanye pemilu seperti melihat orang yang berebutan kekuasaan..saling hina & menjatuhkan...kesengsaraan rakyat pun digembor2kan. Coba klo ngga lagi kampanye...pergi ke pasar pun enggan mereka. Sekarang beasiswa pendidikan di batasi 20%, bukan kah ini sama aja memberi alasan pemerintah untuk membatasi pendidikan...pendidikan dijadikan bisnis. Klo siswa dibebani biaya operasinal maksimal 1/3 persen, benarkah ini angka yang terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu?? Belum lagi pihak sekolah yang biasanya menambah biaya lain2 sbg investasi...

Gw belum selesai menulis ini, tampaknya sudah ada suara anak kecil yang teriak2 di depan rumah...
[bersambung]



0 comment:

Posting Komentar