Sabtu, 21 Februari 2009

Ponari VS Efek Plasebo

Mesti temen-temen dah ngga asing lagi ma Ponari. Nama lengkapnya Mohamad Ponari bocah asal Kedung Sari, Bolongsari, Megaluh, Jombang yang dijuluki dukun cilik karena dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Metode penyembuhan yang dilakukan Ponari sendiri sangat sederhana. Si pasien biasanya membawa segelas air minum dari rumah lalu si dukun cilik ini akan mencelupkan batu aneh yang ditangannya ke air tadi.Dan setelah pasien meminumnya dikatakan langsung sembuh (ini menurut sumber yang ada). Menurut cerita dari orang tua Ponari batu aneh Ponari muncul dari ubun-ubun Ponari setelah petir menyambarnya. Namun, crita menurut wawancara ponari sendiri berbeda . Jadi, suatu ketika hujan lebat mengguyur desa Ponari, seperti bocah-bocah seusianya di bermain di bawah lebatnya hujan yang sesekali diiringi suara petir. Bersamaan suara petir yang menggelegar Ponari merasakan kepalanya seperti dilempar benda keras, sesaat kemudiaan dia merasakan hawa panas yang menjalar keseluruh tubuhnya. Bersamaan dengan itu ia merasakan batu di bawah kakinya. Batu tersebut mengeluarkan sinar berwarna merah. Karena penasaran ia membawa pulang bau itu. Katanya batu itu ditunggu oleh dua makhluk gaib bernama Rona dan Rini. Batunya sendiri berwarna merah kecoklatan.

Ada hal kejadian aneh setelah Ponari membawa pulang batu itu. Pasalnya, beberapa hari kemudian tetangganya banyak yang mengalami mutah-muntah dan sakit panas. Dan tanpa diminta atau mendapat ilham dari mana tiba-tiba ponari membawa batu itu dan meminta mereka untuk meminumnya. Ajaibnya, tetangganya langsung sembuh dalam hitungan jam saja. Dari sinilah kabar tentang kemampuan ponari tersebar dengan cepat. Tanpa diduga banyak orang berbondong-bondong dateng ketempatnya dan tak diduga jumlahnya mencapai ribuan dari politikus sampai pedagang di pasar. Mereka seperti terhipnotis ditengah biaya berobat yang semakin mahal ponari datang dengan membawa batu ajaibnya. Tak ayal pajang antreannya mencapai lebih dari 5 kilometer dan lebih dari 4 orang tewas karena saling bedesakan dan terinjak-injak. Namun ada juga yang menganggap hal itu terlalu dibesar-besarkan, bahkan ada juga yang mengatakan hal itu untuk tujuan tertentu. Bahkan ada yang berebutan mengambil air sisa mandi Ponari lalu diminumnya padahal airnya sudah kotor dan berlumpur. Apakah ini masuk akal? Tentu tidak..ini sangatlah tidak wajar. Hal ini harusnya menjadi bahan pemikiran bagi kita, jika benar batu itu mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan maka kesembuhan itu pasti datangnya dari Alloh swt. Apa yang terlihat sekarang hanyalah masih lemahnya iman masyarakat kita. Sebaiknya kita juga lebih berhati hati dalam menangapinya.Jangan sampai ini malah membawa kita pada tindakan musyrik. Belakangan juga muncul dukun cilik lain bernama Dewi di Jombang.



Mungkinkah hal ini berkaitan dengan Efek Plasebo (sugesti) , yaitu suatu keadaan dimana seorang pasien dapat sembuh dengan sendirinya karena dia percaya bahwa dia akan mendapatkan perawatan yang sesungguhnya atas penyakit yang dideritanya. Dengan kata lain orang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Hal tersebut dikenal dengan istilah ‘remisi spontan’. Situasi tersebut merupakan hal normal dalam dunia medik.Tanpa pelatihan psikologis, seseorang dapat juga menyembuhkan dirinya sendiri karena efek plasebo. Jika percaya bahwa suatu obat bisa menyembuhkan, maka tubuh bereaksi positif terhadap obat yang diberikan, sehingga sembuh. Meskipun obat itu sebenarnya hanya vitamin. Diketahui bahwa plasebo memberikan efek dalam penyembuhan diabetes, bisul perut, artritis, penyakit parkinson, sakit terkena radiasi, dan lainnya. Bahkan, secara mengejutkan, pada laki-laki maupun perempuan yang menginginkan pertumbuhan rambut, lantas hanya diberi plasebo, 11% diantaranya benar-benar mengalami pertumbuhan rambut.

Sebagai contohnya Seorang ibu yang mengeluh sakit kepala datang ke dokter. Setelah diperiksa, tak ada yang salah dengan kondisi fisiknya. Dokter akhirnya hanya memberi vitamin warna warni yang sekilas mirip obat. Ibu itu tampak puas dengan proses pemeriksaan yang dilakukan dengan dokter. Ia percaya betul dokter yang memeriksanya dapat memberinya obat yang manjur.Ajaibnya, sejam setelah meminum vitamin yang mirip obat itu, sakit kepala yang diderita ibu tersebut langsung lenyap. Keyakinan ibu tersebut terhadap dokter yang memeriksanya-lah yang ternyata membuat kesehatannya pulih.

Contoh lainnya adalah obat palsu yang marak beredar di masyarakat akhir-akhir ini. Orang yang membeli obat palsu itun tidak tahu bahwa yang dibelinya adalah obat palsu, tapi dia sembuh dari penyakitnya. Inilah salah satu kehebatan tubuh manusia, padahal logikanya komposisi obat palsu tidak sesuai dengan takaran medis dan bahkan mengandung racun. Hal ini juga sudah diterapkan di beberapa rumah sakit di luar negeri.
con

Sejarah Efek Plasebo?

Pada pertengahan 1970-an, Benson dan beberapa koleganya menemukan betapa efektifnya efek plasebo. Tingkat keberhasilan plasebo mencapai 70 - 90%. Angka itu jelas lebih besar dibandingkan perkiraan kalangan medis terhadap kekuatan efek plasebo saat itu. Pada 1964, saat Massachussetts General Hospital dilakukan riset pada dua kelompok pasien yang mengalami teknik operasi sejenis. Namun, keduanya diperlakukan sangat berbeda oleh dokter ahli anestesinya.

Kelompok A hanya diberikan komunikasi seadanya. Sedangkan, kelompok B diperlakukan dengan hangat. Dokter duduk di tepi ranjang pasien, menjelaskan langkah-langkah yang bakal diambil, serta menggambarkan sakit yang kira-kira bakal dirasakan.

Hasilnya, pasien kelompok B dapat lebih cepat keluar dari Rumah Sakit (RS) dari pada kelompok A. Selain itu, terdapat pula perbedaa rasa sakit paska operasi yang berbeda.

Sebelumnya, Hippocrates, Bapak ilmu kedokteran, yang hidup di Yunani abad ke-5 SM telah mencatat 12 kasus yang disebut pseudocyesis. Dia menemukan 12 wanita, karena keinginan hamilnya sangat besar, lantas membayangkan dirinya hamil.

Ternyata, haid mereka pun langsung terhenti, disusul menggembungnya kandungan. Bahkan, Ratu Mary Tudor yang memerintah Inggris abad ke-16, juga beberapa kali mengalami hamil anggur selama sembilan bulan penuh. Dua kali di antaranya sempat mengalami sakitnya proses melahirkan, kendati tak satupun janin yang berhasil dilahirkan selamat.

Pada 1951, saat Dr. Paul H. Fried dan rekan dari Jefferson Medical College and Hospital, Philadelphia juga mencatat kasus serupa. Selain terhentinya haid, membesarnya perut sesuai dengan bulan kehamilan normal, payudara pun membesar dan makin peka, serta berubah ukuran dan warna putingnya. Bahkan, ada juga yang sampai meneteskan air susu. Anehnya, Dr. James A. Knight dari Baylor University juga mencatat seorang pria korban hamil palsu.

Kedahsyatan Efek Plasebo

Pengobatan holistik yang berbasis pada efek plasebo memang beranjak dari empati terhadap diri sendiri. Dengan mengandalkan relaksasi, penghargaan terhadap kekuatan bawah sadar serta eratnya tautan jiwa-raga.

Pendekatan holistik selalu menghindari penggunaan obat-obat kimia, pembedahan, dan pengobatan konvensional lainnya. Metode ini umumnya berbasis pada ramuan alami.

Saat ini terdapat beberapa klinik khusus pengobatan holistic yang menawarkan berbagai jenis terapi. Metode ini telah cukup diminati pasien. Bahkan, pengobatan holistik diyakini mampu memberikan efek signifikan pada pasien yang telah divonis mati sekalipun. Caranya, energi positif pada diri pasien dibangun, dampaknya kebugaran fisik dapat terus diperbaiki.

Jadi jika orang yang datang berobat ke Ponari percaya bahwa ia akan sembuh dari penyakitnya setelah meminum air yang udah di celup batu ajaib tadi. Tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan sembuh dengan sendirinya. Pertanyaanya adalah manakah yang benar?? Kedua-duanya mungkin saja benar. Kekuatan supranatural dan kekuatan pikiran manusia sama2 ada. Wallohualam.

dari berbagai sumber.

0 comment:

Posting Komentar